FST UIN STS Jambi Tuan Rumah FGD MBKM FST PTKIN se-Indonesia

Berita

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menjadi tuan rumah dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) MBKM FST PTKIN se-Indonesia pada hari Senin, (06/03/2023).

Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari acara Internasional Symposium Arsitektur UIN STS Jambi yang telah berlangsung pada hari Minggu, (05/02/2023)

FGD FST PTKIN se-Indonesia dibuka langsung oleh Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, M.A., Ph.D yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI, Wakil Rektor III Dr. Bahrul Ulum, MA dan Para Kepala Biro di lingkungan UIN STS Jambi.

Narasumber dalam FGD FST PTKIN kali ini adalah Dr. Risna Resnawaty, M.P (Koordinator MBKM Universitas Padjajaran Bandung)

Hadir pada kesempatan ini 14 Dekan dan Wakil Dekan FST PTKIN se-Indonesia, Pejabat dilingkungan UIN STS Jambi, Kaprodi, Sekprodi, serta seluruh Dosen di lingkungan FST UIN STS JAMBI.

Dalam Kata Sambutannya Rektor UIN STS Jambi menyampaikan selamat datang kepada seluruh Dekan 14 FST PTKIN, serta menyampaikan profil dari UIN STS Jambi, tak lupa Ia pun memperkenalkan program unggulan yang ada di UIN STS Jambi yaitu tentang Paradigma Transintegrasi Ilmu, yang mana hal ini telah banyak dipresentasikan dan mendapat perhatian khusus dari pemangku kebijakan di Indonesia.

“Kami sangat bersyukur bisa menerima banyak tamu undangan yang berkunjung dalam beberapa waktu terakhir, utamanya saat menggunakan gedung baru ini, perlu diketahui kurang lebih 1 bulan kami telah menggunakan gedung baru dengan fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap dan modern ini, jika dahulu mungkin kami agak sungkan untuk mengajak rekan-rekan dari perguruan tinggi lain datang ke UIN Jambi karena melihat sarana dan prasaran yang belum lengkap, namun saat ini kami dengan hati gembira menerima siapa saja yang ingin berkunjung ke UIN STS Jambi” Ucap Rektor UIN STS Jambi

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan ini, Dr. Try Susanti, M.Si dalam sambutannya mengatakan,

“Selamat datang kami ucapkan kepada para Dekan, Wakil Dekan dari 14 FST PTKIN se Indonesia di kampus Lokomotif Perubahan Transintegrasi Ilmu, Tujuan kegiatan FGD MBKM FST PTKI yakni:

  1. Tindak lanjut terhadap amanat PerMenDikBud No 3 th 2020 dan KPT 2020 dengan Program MBKM
  2. Saling sharing pengetahuan dan pengalaman berkenaan best practis implementasi program MBKM
  3. Insight wawasan program MBKM dalam bentuk non student exchange dan konversi nilai bentuk kegiatan program MBKM
  4. Pemenuhan standar Akreditasi kriteria 6, pada butir 38-40 via instrumen BAN PT, butir 41_48 via instrumen LAMSAMA dan Butir 46-48 via instrumen LAMDIK

pada kesempatan ini kita semua yang hadir disini tentunya akan melaksanakan FGD yang merupakan lanjutan dari FGD sebelumnya, dalam kesempatan ini membahas tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kebijakan dan Implementasi serta mekanisme dalam bentuk Student Mobility dan Non-Student Exchange yang akan disampaikan oleh Narsumber yaitu Dr. Risna merupakan Koordinator MBKM di Universitas Padjajaran Bandung, dengan harapan hasil dari FGD bisa menjadi sebuah kontribusi nyata bagi dunia pendidikan khsusunya di FST PTKIN dan tentu saja kami memohon maaf jika selama penyambutan dan pada acara terdapat kekeliruan atau ketidaknyamanan dari Bpk Ibu Dekan dan Wakil Dekan yang telah hadir ke Jambi” Ucap Dr. Try Susanti.

Dekan FST UIN STS Jambi, Iskandar, M.Pd., M.S.I., M.H., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan,

“Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh dekan dan wakil dekan yang sudah hadir, untuk diketahui semua Dekan 14 FST PTKIN hadir dalam kegiatan ini, artinya seluruh Dekan telah kompak dalam satu visi untuk maju bersama, hal semacam inilah yang terus untuk dipertahankan, kemudian dengan harapan semoga dengan kegiatan seperti ini mampu menyelesaikan persoalan yang belum terjawab khususnya pada persoalan MBKM tentang Kebijakan dan Implementasi serta mekanisme dalam bentuk Student Mobility dan Non-Student Exchange” ucap Dekan FST UIN STS Jambi

Koordinator Dekan FST PTKIN se-Indonesia, Dr. Sri Harini, M.Si sangat mengapresiasi dan menyambut dengan baik FGD FST PTKIN yang berlangsung di FST UIN STS Jambi, secara singkat dan padat beliau menyampaikan laporan terkait kegiatan FGD serta memberikan arahan terkait kebijakan MBKM yang akan menjadi topik dalam FGD kali ini.

Sementara itu Narasumber Dr. Risna Resnawaty, M.P menyampaikan secara teknis terkait pelaksanaan MBKM yang telah dijalani oleh Universitas Padjajaran dan memberikan penjelasan tentang arah MBKM khususnya dalam program Pertukaran mahasiswa dan mekanisme pelaksanaan MBKM itu sendiri.

Kegiatan FGD berjalan dengan sukses dan lancar, kegiataan  dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembacaan humul qur’an, do’a, kata-kata sambutan dan penyampaian dari narasumber, kegiatan ini dilaksanakan secara semi virtual, peserta ataupun tamu undangan yang tidak sempat hadir berkesempatan hadir secara virtual via zoom meeting.