Workshop : Pemutakhiran Profil Lulusan, Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran Prodi Fisika

Berita Berita Mahasiswa

Humas Fak. Saintek, Berita Online – Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar workshop dengan tema “Pemutakhiran Profil Lulusan, Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran Prodi Fisika”. melalui semi virtual yang bertempat di Aula Lantai II Gedung FST. Kamis (30/09).

“kurikulum yang berlaku di perguruan tinggi perlu mengacu pada seperangkat kompetensi tertentu sesuai visi dan misi program studi dan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kegiatan pemutakhiran kurikulum dilakukan secara menyeluruh dan bagian bagian sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Dari itu diharapkan para dosen mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum sesuai tuntutan tersebut. Untuk memenuhi hal tersebut maka diadakanlah acara pemutahiran profil lulusan, kurikulum dan perangkat pembelajaran.”Jelas Eva Gusmira, M.Si Sekretaris Prodi Fisika.

Kegiatan pemutakhiran kurikulum ini difokuskan pada peninjauan terhadap rumusan kompetensi, substansi dan format silabus, implementasi, dan sistem evaluasinya. Dengan sasaran peninjauan tersebut kurikulum dapat memenuhi fungsinya sebagai central kegiatan pendidikan di perguruan tinggi”Jelasnya.

 

Dekan FST Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,Ph.D dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan pada tahun ini merupakan momentum bagi FST untuk melakukan perubahan kurikulum secara mendasar, baik secara tingkat universitas maupun fakultas dan Rektor sudah mengeluarkan kebijakan kurikulum dengan paradigma transitegrasi ilmu sekaligus menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan sudah berjalan kebijakannya pada semester ini.

“Salah Satu konkret hari ini, fisika yang memang sudah diagendakan untuk tahun ini untuk kurikulumnya terutama yang terkait dengan profil, muatan mata kuliah fisika digali lebih mendalam mana yang masih relevan, mana yang tidak, mana yang harus dikuatkan dan mana yang untuk penguatan-penguatan kegiatan MBKM.”Jelasnya.

Kegiatan Workshop hari ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman yaitu Yohandri, Ph.D Ketua LP2M Universitas Negeri Padang.

Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua dan Sekretaris Program Studi Fisika, Ketua Program Studi Sistem Informasi, Dosen Serta Mahasiswa Fisika, Perwakilan Guru dari Nurul Ilmi dan BMKG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *