Kembali Mengadakan Implementasi Kerjasama Fakultas Saintek dan SociopreneurID Gelar Webinar

Berita Berita Mahasiswa

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan implementasi kerjasama dengan SociopreneurID melalui program Co-Hosting series berupa pelaksanaan webinar bertajuk The “Role of Univeristis to Nurture Social Innovation”. Melalui virtual. Sabtu (31/07).

Kegiatan webinar ini tidak hanya diikuti oleh civitas akademika Fakultas Sains dan Teknolgi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, melainkan juga diikuti oleh civitas akademika dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Sebagai narasumber pada acara webinar ini yaitu Heru Wijayanto, MM., M.BA., M.MT dan Niki Prastomo, Ph.D.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Sains dan Teknologi diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Administrasi Umum. Dr. Malik, M.Si menyampaikan apresiasinya terhadap pelakasanaan kegiatan ini. Menurut Dr. Malik, M.Si sudah saatnya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnys di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat diimplementasiakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pemaparan materinya, Heru Wijayanto, MM., M.BA., M.MT menekankan bahwa revolusi industri 4.0 tidak hanya berbicara mengenai teknologi atau bisnis, melainkan tentang “masyarakat (society)”.

Selain itu Heru Wijayanto memaparkan dengan sangat detail bahwa entrepreneurship tidak hanya sebatas kegiatan melakukan usaha tetapi lebih kepada upaya untuk menemukan dan menciptkan oportunitas melalui inovasi. Heru menambahkan bahwa jiwa entrepreneurial harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika universitas agar kita siap menghadapi perubahan (prepearing for changes) dan ketidapkastian (uncertainties).

Sementara itu, Niki Prastomo, Ph.D menyoroti mengenai penguatan peran perguruan tinggi melalui pelaksanaan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) dan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), serta program inkubasi. Niki Prastomo, Ph.D juga memaparkan mengenai best practice pelaksanaan MBKM melalui skema program kewirausahaan. Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif, banyak peserta webinar yang bertanya kepada kedua narasumber antara lain bagaimana cara meningkatkan engagement (keterlibatan aktif) mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran daring, bagaimana kemungkinan penjajakan kerjasama untuk implementasi MBKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *