Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Mengikuti Seleksi Tingkat Provinsi Dalam Kompetisi Sobat Bumi Tahun 2020

Berita Berita Mahasiswa

Humas Fak. Saintek, Berita Online – 11 Orang mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang berasal dari Program Studi Fisika, Kimia, dan Sistem Informasi mengikuti seleksi tingkat provinsi dalam Kompetisi Sobat Bumi (KSB) Perlombaan bidang Matematika, Biologi, fisika dan Kimia Tahun 2020. Rabu (11/11).

Kompetisi Sobat Bumi (KSB) Tahun 2020 yang diadakan dari tanggal 11 November – 12 November 2020 dan diselenggarakan oleh PT. Pertamina (Persero) yang bertujuan untuk mengembangkan bibit unggul Indonesia dalam menciptakan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi. Tahun 2020 merupakan tahun ke-10 penyelenggaraan kompetisi, yang sebelumnya dikemas dalam nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Dalam situasi Pandemi Covid-19 yang membatasi tatanan berkehidupan dan berkegiatan di masyarakat, Pertamina tetap mendorong adanya kegiatan produktif guna meningkatkan kreativitas bangsa dengan mengadakan kompetisi secara online. Ini adalah keikutsertaan pertama kali mahasiswa Fakultas Saisn dan Teknologi UIN STS Jambi pada even Nasional Kompetisi Sobat Bumi.

Dr. Tanty, M.Si Selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan berharap keikut sertaan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi diberbagai ajang kompetisi baik tingkat Nasional maupun Internasional dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan diri mahasiswa tidak hanya prestasi yang didapatkan tetapi juga berupa pengalaman dan secara tidak langsung melatih soft skill mahasiswa, salah satu diantaranya melatih kepercayaan diri mahasiswa.

Kedepannya Fakultas Sains dan Teknologi akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan bakat dan minat mahasiswa sehingga bisa menjadi salah satu prestasi mahasiswa tersebut menjadi keterangan di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI),”Jelasnya”.

Dalam wawancaranya pihak Humas Fakultas Sains dan Teknologi dengan Nurrohmi Gita Permata  salah satu peserta Kompetisi Sobat Bumi mengatakan bahwasanya kompetisi Sobat Bumi ini sangat bagus dan menarik karena diadakan secara nasional sehingga dapat memicu daya saing para mahasiswa untuk terus mengembangkan dirinya.

Adapun 11 orang mahasiswa FST yang mengikuti Kompetisi Sobat Bumi (KSB ) yaitu Ogie dan Nurrohmi Gita Permata dari Prodi Sistem Informasi; Ahmad Khoirul Anwar, Izhar Bafadhal, Reni Kartika, Mhd.Abror Muzakir Muda, Sosi Septia, dan Sella Oktapiani dari Prodi Fisika, serta Andriyan Saputra dari Prodi Kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *