159 Peserta Dalam & Luar Negeri Ikuti Webinar Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains & Teknologi

Berita

Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengadakan Webinar dengan tema “Blockchain for Cryptocurrency” secara daring. Sabtu, (25/7).

Webinar dimulai dari pukul 16:00 sampai dengan 18:00 Wib dan diikuti sebanyak 159 peserta dari berbagai Institusi dan Wilayah dari Aceh sampai dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan luar negeri yang berasal dari Perancis.

Belajar Online, transfer dana dan transaksi keuangan elektronik yang menggunakan jaringan internet menimbulkan aktifitas baru yakni mencatat transaksi tersebut, bayangkan jika hanya  antara pembeli dan penjual yang mencatat transaksi tersebut dan terjadi perbedaan pendapat antara pembeli dan penjual. maka blockchain mengatasi semua itu.

Catatatan transaksi yang dimuat di blok yang sudah diciptakan, tidak akan bisa dirubah lagi sehingga blockchain sering disebut mempunyai sifat immutable. pekerjaan ini melahirkan sebuah mata uang digital bernama Cryptocurrency. Dalam menjaga keamanannya, cryptocurrency akan dilindungi dengan sandi-sandi yang cukup rumit.

Ditambah dengan kelebihan cryptocurrency vs traditional currency : Biaya transaksi yang sangat murah (bahkan gratis) sangat aman, informasi pribadi terlindungi dan terhubung ke dompet digital ternama seperti visa, paypal dan mastercard.

Dekan Fakultas Sains & Teknologi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada prodi sistem informasi yang mengambil inisiatif pelaksanaan webinar blockchain for cryptocurrency, ini merupakan materi yang tren hari ini dan kedepannya.

Kehidupan saat ini apalagi ditengah pandemi covid -19 kita tidak bisa terlepas dari teknologi, dan teknologi sangat berperan dalam semua lini kehidupan termasuk kita yang bergerak di dunia pendidikan.”Jelasnya”.

Ditambahkannya dengana hadirnya Wisnu Uriawan yang merupakan Dosen UIN Bandung yang berada di perancis dan sedang mengambil program doktor yang mana ilmunya sangat relevan dengan kebutuhan saat ini.

Fakultas Sains & Teknologi yang baru berjalan kurang lebih selama 6 bulan terus melakukan sebuah terobosan atau lompatan melalui kolaborasi, sharing pengetahuan dan pengalaman terutama dalam mendukung perkembangan peningkatan mutu akademik dan kita tahu bahwa dengan adanya pandemi hari mendorong kita membuka diri untuk berkolaborasi dengan mengunakan teknologi dan disatu sisi kita tidak bisa pertemu tetapi yang dirasakan  membuat dunia terlihat semakin kecil yang kita bisa menjangkau orang dimanapun  dengan teknologi.”Tuturnya”.

Ketua Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains & Teknologi Try Susanti, S.Si.,M.Si menambahkan Webinar bertajuk Blockchain for Cryptocurrency bertujuan mengembangkan insight kaum millenial dan akademisi serta praktisi dalam transaksi keuangan elektronik yang menggunakan jaringan internet dan catatan transaksi otomatis terecord (Blockchain). sehingga safety sebuah transaksi terpelihara secara baik dan aman.

Pemateri Webinar diisi oleh 2 Narasumber yang kompeten dibidangnya, Pemateri satu Wisnu Uriawan, Ph.D Candidate Awardee 2018 Mora 5000 Doktor LN Informatique et Mathematiques Ecole Doctorale INSA de Lyon & Koordinator JDI (Journee des Doctorants Indonesia) wilayah prancis & Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pemateri kedua, Mutamassikin, M.Kom Sekretaris Prodi Sistem Informasi FST UIN STS Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *